Tuesday 24 November 2015

Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini

Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini

1. Deskripsi Umum
Setiap pendekatan pembelajaran yang digunakan guru dalam kegiatan bermain mencerminkan nilai-nilai dan keyakinan yang dianggap baik bagi perkembangan anak didiknya. Disadari atau tidak, sesungguhnya semua orang tidak terkecuali guru, masyarakat, dan orangtua dibimbing oleh teori informal tentang perkembangan saat mengasuh anak-anaknya.
 Pengetahuan tentang teori perkembangan membantu kita memahami anak dan melakukan tindakan-tindakan yang sesuai  usia anak. Misalnya teori perkembangan sosial emosional membantu pemahaman yang lebih baik terhadap bagaimana anak-anak merasa, bertindak dan bagaimana anak mampu mengungkapkan perasaan, serta mengetahui perubahan  perasaan dan tindakan seiring usia dan pengalaman-pengalaman yang dilalui anak. Demikian pula pemahaman terhadap teori perkembangan kognitif membantu kita mengerti bagaimana anak-anak belajar memecahkan masalah dan apa yang boleh dan tidak boleh kita harapkan pada anak-anak pada usia-usia tertentu mereka.
Para ahli teori perkembangan sejak dahulu telah banyak mengemukakan pandangan-pandangan mereka tentang hakikat anak dan bagaimana anak-anak berkembang. Setiap teori memiliki sudut pandang berbeda dalam menjelaskan proses dan mekanisme perubahan perkembangan tersebut. Beberapa teori ada juga yang hanya memfokuskan pada aspek-aspek perkembangan tertentu. Modul ini secara ringkas menjelaskan beberapa teori perkembangan yang hingga kini masih memberikan pengaruh besar dan berguna dalam pengasuhan dan pendidikan anak.
           
2. Kompetensi Dasar
Setelah mempelajari modul ini, peserta pelatihan dapat memahami perkembangan kognitif anak usia dini. Secara rinci kompetensi dasar yang hendak dicapai dari modul ini adalah:
1.    Peserta dapat melakukan pengamatan terhadap anak dengan menggunakan metode pengamatan yang sesuai dengan kebutuhan

2.    Peserta dapat  menjelaskan tahap perkembangan pra kelahiran
3.    Peserta dapat menjelaskan konsep-konsep dasar perkembangan fisik pada  anak usia dini.
4.    Peserta dapat menjelaskan konsep-konsep dasar perkembangan sosial emosional.
5.    Peserta dapat menjelaskan konsep-konsep dasar perkembangan bahasa
6.    Peserta dapat menjelaskan konsep-konsep dasar perkembangan kognitif.
7.    Peserta dapat menjelaskan konsep perkembangan anak dengan kebutuhan khusus

3. Materi Kegiatan Belajar
Materi kegiatan belajar dalam modul ini terdiri atas :
A.    Teknik Observasi pada Anak Usia Dini
B.    Perkembangan Pra-Kelahiran dan Kelahiran
C.   Perkembangan Fisik pada Anak Usia Dini
D.   Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini
E.    Perkembangan Sosioemosional pada Anak Usia Dini
F.    Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini
G.   Anak Berkebutuhan Khusus

4. Kompetensi Lulusan
Kompetensi peserta (lulusan), sebagai tujuan khusus dari setiap bahasan akan dikemukakan pada awal kegiatan pembelajaran.


5. Tugas-Tugas / Latihan
Tugas-tugas/latihan terkait dengan topik bahasan akan dilakukan dengan berbagai metode yang telah ditentukan

6. Penilaian dan Rujukan
Penilaian sebagai tes formatif diberikan pada akhir modul, begitu juga daftar literatur yang dijadikan rujukan penulisan modul ini.


No comments:

Post a Comment