Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini
1. Deskripsi Umum
Setiap pendekatan pembelajaran yang digunakan guru dalam
kegiatan bermain mencerminkan nilai-nilai dan keyakinan yang dianggap baik bagi
perkembangan anak didiknya. Disadari atau tidak, sesungguhnya semua orang tidak
terkecuali guru, masyarakat, dan orangtua dibimbing oleh teori informal tentang perkembangan saat mengasuh anak-anaknya.
Pengetahuan
tentang teori perkembangan membantu kita memahami anak dan melakukan
tindakan-tindakan yang sesuai usia anak.
Misalnya teori perkembangan sosial emosional membantu pemahaman yang lebih baik
terhadap bagaimana anak-anak merasa, bertindak dan bagaimana anak mampu
mengungkapkan perasaan, serta mengetahui perubahan perasaan dan tindakan seiring usia dan
pengalaman-pengalaman yang dilalui anak. Demikian pula pemahaman terhadap teori
perkembangan kognitif membantu kita mengerti bagaimana anak-anak belajar
memecahkan masalah dan apa yang boleh dan tidak boleh kita harapkan pada
anak-anak pada usia-usia tertentu mereka.
Para ahli teori perkembangan sejak dahulu telah banyak
mengemukakan pandangan-pandangan mereka tentang hakikat anak dan bagaimana
anak-anak berkembang. Setiap teori memiliki sudut pandang berbeda dalam
menjelaskan proses dan mekanisme perubahan perkembangan tersebut. Beberapa
teori ada juga yang hanya memfokuskan pada aspek-aspek perkembangan tertentu.
Modul ini secara ringkas menjelaskan beberapa teori perkembangan yang hingga
kini masih memberikan pengaruh besar dan berguna dalam pengasuhan dan
pendidikan anak.
2. Kompetensi Dasar
Setelah mempelajari
modul ini, peserta pelatihan dapat memahami perkembangan kognitif anak usia
dini. Secara rinci kompetensi dasar yang hendak dicapai dari modul ini adalah:
1. Peserta dapat melakukan
pengamatan terhadap anak dengan menggunakan metode pengamatan yang sesuai
dengan kebutuhan
2. Peserta dapat menjelaskan tahap perkembangan pra kelahiran
3. Peserta dapat
menjelaskan konsep-konsep dasar perkembangan fisik pada anak usia dini.
4. Peserta dapat menjelaskan
konsep-konsep dasar perkembangan sosial emosional.
5. Peserta dapat
menjelaskan konsep-konsep dasar perkembangan bahasa
6. Peserta dapat
menjelaskan konsep-konsep dasar perkembangan kognitif.
7. Peserta dapat
menjelaskan konsep perkembangan anak dengan kebutuhan khusus
3. Materi Kegiatan Belajar
Materi kegiatan belajar dalam modul ini terdiri atas :
A. Teknik Observasi pada
Anak Usia Dini
B. Perkembangan
Pra-Kelahiran dan Kelahiran
C. Perkembangan Fisik pada
Anak Usia Dini
D. Perkembangan Bahasa pada
Anak Usia Dini
E. Perkembangan Sosioemosional
pada Anak Usia Dini
F. Perkembangan Kognitif
pada Anak Usia Dini
G. Anak Berkebutuhan Khusus
4. Kompetensi Lulusan
Kompetensi peserta (lulusan), sebagai tujuan khusus dari
setiap bahasan akan dikemukakan pada awal kegiatan pembelajaran.
5. Tugas-Tugas / Latihan
Tugas-tugas/latihan terkait dengan topik bahasan akan
dilakukan dengan berbagai metode yang telah ditentukan
6. Penilaian dan Rujukan
Penilaian sebagai tes formatif diberikan pada akhir
modul, begitu juga daftar literatur yang dijadikan rujukan penulisan modul ini.
No comments:
Post a Comment